Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung


Serangan Jantung bisa menyerang siapa saja tak terkecuali orang yang masih muda, berikut tips sederhana pertolongan pertama untuk diri sendiri bila mengalami serangan jantung:

Umpamanya saat sekarang jam 17:50 sore, Anda dalam perjalanan pulang menuju rumah mengendarai mobil sendirian setelah seharian menjalankan aktifitas yang padat, Anda sangat tegang dan merasa tidak enak badan.Tiba-tiba anda merasakan sakit yang sangat di dada, dan mulai menjalar ke lengan dagu, tetapi untuk menuju rumah sakit terdekat masih kira-kira 5 Km, dan lebih celakanya lagi anda tidak tahu apakah dapat bertahan sampai begitu jauh.

Harus bagaimana??

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal, serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika disekitarnya tidak ada orang yang bisa memberi pertolongan pertama, penderita harus bisa menggunakan waktu 10 detik yang singkat ini untuk menolong diri sendiri.

Inilah jawabannya:

Jangan panik, usahakan berbatuk terus dengan sekuat tenaga!, setiap kali sebelum batuk harus tarik nafas dalam-dalam kemudian berbatuk dengan kuat-kuat, dalam-dalam, dan panjang-panjang, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada. Setiap selang dua detik, harus tarik nafas sekali dan berbatuk sekali hingga pertolongan tiba, atau hingga merasa denyut jantung sudah kembali normal, baru boleh istirahat. Tujuan tarik nafas adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru, Tujuan batuk adalah untuk menekan jantung agar aliran darah bersirkulasi, menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal. Pertolongan cara ini agar penderita mempunyai kesempatan pergi ke rumah sakit..

So…,jika anda merasa memiliki riwayat penyakit jantung atau mempunyai saudara yang memiliki penyakit jantung, info ini mungkin bisa membantu….

(article published on N.’ 240 of Journal of general hospital rochester)

5 tanggapan untuk “Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung”

Tinggalkan komentar