Baliage [dot] wordpress [dot] com

Dari Bali menuju LovINA

Jalan-jalan ke Jembatan Tukad Bangkung

Posted by I N Ady Mulianto pada Februari 6, 2008

tukad-bangkung1web.jpg“Jembatan Tukad bangkung”, itulah nama sebuah jembatan yang berdiri kokoh di atas sebuah sungai yang berada di desa Belok Sidan, Pelaga.Jembatan tersebut menghabiskan dana APBD Bali kurang lebih 49,93 milyard rupiah, dan konon katanya jembatan itu dirancang untuk tahan gempa berkekuatan 7 skala richter dan merupakan jembatan yang tertinggi di Asia.

Jembatan tukad bangkung kini menjadi salah satu obyek wisata alternatif masyarakat di sekitar Badung dan Denpasar, bahkan pada waktu hari raya tertentu seperti Galungan dan Kuningan jembatan ini menjadi obyek wisata yang padat pengunjung. Tidak jarang masyarakat dari jauh seperti Tabanan paling barat dan masyarakat dari Karangasem sekalipun rela jauh -jauh datang cuma untuk melihat sebuah jembatan tukad bangkung.” saya ingin melihat langsung seberapa tinggi sih jembatan tukad bangkung?” ujar salah satu pengunjung yang katanya datang dari Pupuan, Tabanan. Mereka katanya penasaran mendengar cerita dari teman-teman maupun dari berita-berita yang ada di media cetak maupun media elektronik,sehingga mereka sengaja meluangkan waktu untuk berkunjung ke jembatan yang berada di desa yang berhawa sejuk itu.

Melihat antusias pengunjung yang begitu besar terhadap jembatan itu membuat para pedagang tidak mau ketinggalan untuk mengais rejeki dengan mendirikan warung-warung semi permanen di sekitar jembatan tersebut. Dan Pemda Badung pun berupaya untuk mendongkrak pariwisata di Badung Utara dengan berupaya menempatkan jembatan itu sebagai salah satu obyek wisata favorit atau Obyek Daya Tarik Wisata Khusus (ODTWK) selain Pantai Kuta ataupun Nusa Dua.tukad-bangkung2web.jpg

Namun dibalik suka cita para pengunjung menikmati indahnya pemandangan alam yang hijau yang berada dibawah jembatan ada pemandangan yang tidak sedap dipandang mata.Sampah-sampah sisa makanan dari para pengunjung berserakan dimana-mana, dan bila ditiup angin sampah itu bisa mengganggu kenyamanan para pengendara bermotor,
bahkan ada pengunjung yang mungkin tanpa perasaan bersalah dengan entengnya membuang sisa snack camilan yang notabene terbuat dari plastik kebawah jembatan.”kok dibuang kesana sih mas” “abis disini ga ada tempat sampah” jawabnya dengan sekenanya sambil berlalu..

11 Tanggapan to “Jalan-jalan ke Jembatan Tukad Bangkung”

  1. lodegen said

    oh my gud, kok yang baru tau ada jembatan besar di plaga? benarkah bujetnya hampir 50 milyar??? gileee bener. Barangkali sebagian di mark up??? baiklah saya akan melancong ksana. tulung jadi guide ya bli… maklum nak karangasem sing nawang badung. tengkyu bli…

    Suka

  2. oooo mami bani ini golkar to? golongan karangasem maksudnya mbok…,kalo kesana saya mau jadi guidenya,tp kalo ke tempat PeEsKA mbo luhde dadi guidene nah…hehe

    Suka

  3. devari said

    foto tambahan dari jembatan itu🙂

    http://devari.wordpress.com/2007/11/29/cerita2-liburan/

    Suka

  4. […] ini dibuat ketika baca di blog bli Ady Gondronk dan perjalanan Bli Made ketika […]

    Suka

  5. Artana said

    SAya buat postinga Tukan Bangkung bli tapi sedikit dari teknisnya

    Suka

  6. *artana : cocok bli…,mungkin bli lebih tau kalo bicara dari sisi teknisnya…

    Suka

  7. imsuryawan said

    ** Sing taen nden kemu..

    Suka

  8. sing taen….ape sing taen…..??

    Suka

  9. […] ini dibuat ketika baca di blog bli Ady Gondronk dan perjalanan Bli Made ketika […]

    Suka

  10. viar said

    kok dibuang kesana sih mas” “abis disini ga ada tempat sampah” jawabnya dengan sekenanya sambil berlalu..

    lempar aja tu orang dari jembatan…😛

    “wuehehehe….,kasian bro…,belum nikah katanya.kakakakak” :mrgreen:

    Suka

  11. weleh-weleh, eksentrik banget jembatannya…serasa di alam surgawi kali ya ketika ada diatasnya bebas buat memandang kemanapun!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: