Arsip Kategori: Info Menarik

Tradisi Mekotek Di Desa Munggu


Setelah sekian lama meninggalkan dan menelantarkan rumahku ini,akhirnya aku kembali juga.Kali ini aku ingin berbagi cerita yang aku dapat dari temanku.Ini mungkin agak telat sih,tapi tidak mengurangi makna dari apa yang ingin aku tulis disini.Cerita ini aku dapat dari teman ketika aku berkunjung ke rumahnya waktu manis kuningan. Oya, Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan ya buat para pembaca yang merayakan.Ga papakan telat daripada ga sama sekali.hehehe.. Sekalian juga selamat menunaikan ibadah puasa buat yang merayakan.Lanjut…Ini tentang tradisi di desanya yang masih lestari sampai sekarang. Ceritanya begini…(wuih..adi serius sajan nok)

Selain pemandangan alamnya yang sangat mempesona,terbukti dikenal sampai ke seantero dunia,Bali masih menyimpan kekayaan tradisi dan budaya dari nenek moyang kita yang masih lestari sampai sekarang.Salah satunya seperti Gerebek Mekotek atau sering disebut Mekotek di Desa Munggu, Kabupaten Badung yang masih tetap lestari sampai sekarang yang dirayakan khusus di hari raya kuningan.(namanya lucu ya…!!??). Prosesi gerebek mekotek ini diikuti oleh 12 banjar setempat di desa Munggu.

Gerebek Mekotek adalah Lanjutkan membaca Tradisi Mekotek Di Desa Munggu โ†’

Iklan

Lomba Blog Remaja


Hohohoho….,setelah sekian lama koleksi pribadiku ga bertambah akhirnya interior rumahku ada yg bertambah lagi, meskipun ini hanya interior titipan dari teman, ๐Ÿ˜† Maklumlah rutinitas yang harus kujalani membuat aku sampai ga sempat untuk menambah koleksi pribadi lagi.Ini aja aku harus kejar2an dengan rutinitasku untuk menyempatkan diri menaruh titipan temanku ini.Tapi ini wajib untuk diketahui loch…

Langsung ja deh,

Dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional (12 Agustus) dan Hari AIDS Sedunia (1 Desember) KISARA (Kita Sayang Remaja) mengadakan Lomba Blog Remaja yang bertemakan โ€œBangkitkan Eksistensi Remajaโ€. Tujuan dari lomba ini adalah:

  • Meningkatkan penggunaan blog sebagai media sosialisasi dan informasi remaja.
  • Meningkatkan partisipasi remaja dengan kepedulian remaja terhadap isu remaja
  • Meningkatkan jaringan dan volume partner remaja Kisara

Untuk info lebih jelas klik disini aja ya…
Sampunang lali,ayo daftarkan blog anda segera..
Hadiah menarik menanti anda…
ayo IKUT…IKUT…IKUT…

Psikologi Golongan Darah


Setelah kemarin ada yang komplain karena saya posting masalah villa terus mending kali ini saya posting yang ringan aja deh,Mudah2an ga ada yang kompalin lagi. ๐Ÿ˜† Ini ceritanya tentang golongan darah.Ini cerita saya dapat dari teman saya.Selesai saya membaca email dari teman ini,ternyata banyak kesamaan yang emang bener cocok sekali dengan apa yang ditulis dalam email itu,ga tau sumbernya dari mana yang jelas kok rasanya point2 itu banyak yang cocok dengan saya.Langsung aja deh…. Lanjutkan membaca Psikologi Golongan Darah โ†’

Mentos dan Cocacola Berbahaya


Sebelumnya saya minta maaf yah karena saya menulis merk dalam judul postingan kali ini. Mahaf ya…mahaf….., bukan bermaksud untuk menjatuhkan merk tersebut. ๐Ÿ˜†

Ini mungkin info yang udah basi dan udah bau terasi atau mungkin udah masem kali yah? tapi ga papakan kalo saya posting lagi., itung2 buat info untuk yang belum pernah tahu… Kalo yang udah tahu ga papa kok baca lagi…., bila perlu harus baca… pokoknya harus rus…rus..!! hehehehe. Ini kebetulan saya dapat dari email tetangga. Ini tentang minuman Cocacola dan permen Mentos. Langsung aja ya….berangkatttttttt…. Lanjutkan membaca Mentos dan Cocacola Berbahaya โ†’

Entil,Makanan Tradisional Wongaya Gede


entil1web.jpgBagi masyarakat Desa Wongaya Gede tempat kelahiran saya, hari raya Nyepi selain identik dengan perayaan pawai Ogoh-ogoh pada hari pengerupukan dan melakukan penyucian diri satu hari setelah hari pengerupukan, juga hari raya Nyepi di Desa Wongaya Gede selalu identik dengan makanan khas tradisionalnya yaitu “entil”. Entil merupakan makanan tradisional masyakarat Desa Wongaya Gede yang dibuat khusus pada saat Hari Raya Nyepi yang jatuh satu tahun sekali.

Entil adalah makanan tradisional sejenis ketupat yang dibuat dari beras yang dibungkus daun.(kalo orang di desa saya bilang namanya “daun nyelep “atau “daun telengidi “, ga tahu in Indonesianya what?). Digunakannya daun untuk membungkus bertujuan supaya Lanjutkan membaca Entil,Makanan Tradisional Wongaya Gede โ†’

Kalo bisa murah kenapa harus mahal..??


Setelah hampir satu tahun saya tidak membawa SIM C berkeliaran di Denpasar akhirnya beberapa minggu yang lalu saya memutuskan untuk membuat SIM C.(maklum SIM C saya udah mati alias tidak berlaku dari bulan Maret 2007 kemarin), Tapi setelah selesai mengurus SIM tersebut, ada pertanyaan yang mengganjal di kepala.Ceritanya begini… Lanjutkan membaca Kalo bisa murah kenapa harus mahal..?? โ†’

Jalan-jalan ke Jembatan Tukad Bangkung


tukad-bangkung1web.jpg“Jembatan Tukad bangkung”, itulah nama sebuah jembatan yang berdiri kokoh di atas sebuah sungai yang berada di desa Belok Sidan, Pelaga.Jembatan tersebut menghabiskan dana APBD Bali kurang lebih 49,93 milyard rupiah, dan konon katanya jembatan itu dirancang untuk tahan gempa berkekuatan 7 skala richter dan merupakan jembatan yang tertinggi di Asia.

Jembatan tukad bangkung kini menjadi salah satu obyek wisata alternatif masyarakat di sekitar Badung dan Denpasar, bahkan pada waktu hari raya tertentu seperti Galungan dan Kuningan jembatan ini menjadi obyek wisata yang padat pengunjung. Tidak jarang masyarakat dari jauh seperti Tabanan paling barat dan masyarakat dari Karangasem sekalipun rela jauh -jauh datang cuma untuk melihat sebuah jembatan tukad bangkung.” saya ingin melihat langsung seberapa tinggi sih jembatan tukad bangkung?” ujar salah satu pengunjung yang katanya datang dari Pupuan, Tabanan. Lanjutkan membaca Jalan-jalan ke Jembatan Tukad Bangkung โ†’