Arsip Kategori: LovINA

Tradisi Mekotek Di Desa Munggu


Setelah sekian lama meninggalkan dan menelantarkan rumahku ini,akhirnya aku kembali juga.Kali ini aku ingin berbagi cerita yang aku dapat dari temanku.Ini mungkin agak telat sih,tapi tidak mengurangi makna dari apa yang ingin aku tulis disini.Cerita ini aku dapat dari teman ketika aku berkunjung ke rumahnya waktu manis kuningan. Oya, Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan ya buat para pembaca yang merayakan.Ga papakan telat daripada ga sama sekali.hehehe.. Sekalian juga selamat menunaikan ibadah puasa buat yang merayakan.Lanjut…Ini tentang tradisi di desanya yang masih lestari sampai sekarang. Ceritanya begini…(wuih..adi serius sajan nok)

Selain pemandangan alamnya yang sangat mempesona,terbukti dikenal sampai ke seantero dunia,Bali masih menyimpan kekayaan tradisi dan budaya dari nenek moyang kita yang masih lestari sampai sekarang.Salah satunya seperti Gerebek Mekotek atau sering disebut Mekotek di Desa Munggu, Kabupaten Badung yang masih tetap lestari sampai sekarang yang dirayakan khusus di hari raya kuningan.(namanya lucu ya…!!??). Prosesi gerebek mekotek ini diikuti oleh 12 banjar setempat di desa Munggu.

Gerebek Mekotek adalah Lanjutkan membaca Tradisi Mekotek Di Desa Munggu

Bali,Pulau Seribu Villa


Halo teman2 semua,gimana kabarnya?baik2 aja kan..!!gutgut..!!Mudah2an moodku sekarang udah normal lagi,dan bisa update postingan lagi,Makasi ya buat teman2 semua yang udah kasi koment di blogku ini,khususnya pada postinganku yang sebelumnya ini.Ternyata beragam komentar dari teman2 mengenai gambar2 yang saya tampilkan disitu.Ada yang senang dengan adanya banyak vila dan berharap bisa memberi kontribusi positif buat masyarakat setempat,dan ga sedikit pula yang prihatin melihat semakin banyaknya tumbuh villa2 di daerah yang merupakan daerah resapan air.Ga papa,pro dan kontra atas sesuatu hal itu wajar.

Terlepas dari pandangan positif dan negatif dari pembangunan villa2 di Bali yang kini sudah semakin gencar seharusnya Lanjutkan membaca Bali,Pulau Seribu Villa

Bedugul_ku kini.


Berhubung belakangan ini mood_ku naik turun untuk menulis (ceilehhh), maka aku posting jajak pendapat aja deh,ga papa kan..??

Beberapa hari yang lalu saya sempat pergi ke Singaraja melewati jalan raya Pancasari-Singaraja. Disepanjang kaki bukit di Bedugul itu kini sudah banyak berdiri Villa2 yang Indah2 seperti gambar2 yang saya tampilkan dibawah ini.Kali ini saya tidak ingin posting ato mengomentari villa2 tersebut tapi justru ingin meminta komentar dari para pembaca melihat gambar yang saya tampilkan ini.Terserah mau komentar apa saja boleh. Mau mencaci maki pun boleh,terserah.hehehe.Yang penting komentar itu Lanjutkan membaca Bedugul_ku kini.

Kalo Saya Jadi Gubernur


Kenapa ya..,saya merasa persaingan politik sekarang memang bener2 ga sehat.Saling jegal menjegal itu seperti hal yang biasa.Ini juga dilakukan oleh para kandidat Calon Gubernur Bali 2008 sekarang.Seperti yang terjadi di Jembrana dan Singaraja.Winasa dilarang untuk melakukan kegiatan politik di Singaraja tempat kelahiran rival politiknya Mangku Pastika.Sebagai balasannya Winasa pun melakukan hal yang sama.Pastika dijegal bersafari politik di Bumi Makepung.Politik itu kadang aneh ya…?.Orang yang mungkin awalnya sahabat atau bahkan kadang sodara sendiri bisa menjadi musuh bila sudah masuk ke lingkungan politik. Sekali lagi politik itu memang aneh.

Demi menjalankan semua program kampanye yang sudah disusun mereka pun menghalalkan segara cara untuk mencari popularitas dan mendapatkan simpati dari masyarakat. Meskipun jadwal kampanye belum ditentukan tetapi para cagub dan cawagub Lanjutkan membaca Kalo Saya Jadi Gubernur

DPR VS SLANK


Pernahkah lo dengar mafia judi
Katanya banyak uang suap polisi
Tentara jadi pengawal pribadi

Apa lo tau mafia narkoba
Keluar masuk jadi bandar di penjara
Terhukum mati tapi bisa ditunda

Siapa yang tau mafia selangkangan
Tempatnya lendir2 berceceran
Uang jutaan bisa dapat perawan

Kacau balau….kacau balau negaraku ini

Ada yang tau mafia peradilan
Tangan kanan hukum dikiri pidana
Dikasi uang habis perkara

Apa benar ada mafia pemilu
Ntah gaptek atau manipulasi data
Jual beli suara rakyat

Hai..,mau tau ga mafia di senayan
Kerjaannya tukang buat peraturan
Bikin UUD…Ujung-Ujungnya Duit.

Kacau balau….kacau balau negaraku ini

Pernah ga dengar teriakan allahuakbar
Pake peci tapi kelakuan Bar-Bar
Ngerusakin Bar,orang ditampar-tampar

Kacau balau….kacau balau negaraku ini.

Demikian lirik lagu dari group Slank band favorit saya sejak EsDe yang diberi judul Gossip Jalanan yang kini menjadi perdebatan para Bapak2 kita di Senayan.Gara2 lagu tersebut anggota DPR di Senayan seperti kebakaran jenggot dan berencana akan menuntut Slank. Wuahahahahahaha.., Melihat reaksi demikian dari anggota DPR tersebut saya ketawa ngakak selaku Slanker dari jamannya group band Slank masih beranggotakan Lanjutkan membaca DPR VS SLANK

Renon Food Center?


Bagi masyarakat yang tinggal dikota Denpasar, mendengar kata Renon mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. Wilayah yang berada diarah tenggara pusat kota Denpasar di jalan Gajah Mada Denpasar ini merupakan tempat berkantornya bapak gubernur kita. Para utusan rakyat yang bertugas sebagai perpanjangan tangan dari rakyat untuk menyampaikan aspirasi dari rakyat juga berkantor disana. Disamping dua kantor yang berdiri megah diatas tanah ber hektar-hektar itu juga masih banyak berdiri gedung-gedung megah sebagai tempat ngantornya para PeeNeS alias pegawai negeri sipil pemprov Bali dan pegawai negeri sipil pemerintah pusat yang berada di daerah. Dan malahan wilayah atau kawasan yang masih sejuk meskipun berada ditengah-tengah kota karena dikiri kanan jalan ditumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang ini sempat direncanakan menjadi pusat pemerintahan pemerintah provinsi Bali atau disebut dengan istilah civic center pemerintahan pemprov Bali atau kalo mengambil istilah orang sono namanya Renon Civic Center. Semua instansi pemerintah provinsi Bali direncanakan akan dipusatkan di kawasan yang juga memiliki obyek wisata monumen bajra sandhi ini. Disamping itu kawasan Renon ini juga dilengkapi dengan Lanjutkan membaca Renon Food Center?

Entil,Makanan Tradisional Wongaya Gede


entil1web.jpgBagi masyarakat Desa Wongaya Gede tempat kelahiran saya, hari raya Nyepi selain identik dengan perayaan pawai Ogoh-ogoh pada hari pengerupukan dan melakukan penyucian diri satu hari setelah hari pengerupukan, juga hari raya Nyepi di Desa Wongaya Gede selalu identik dengan makanan khas tradisionalnya yaitu “entil”. Entil merupakan makanan tradisional masyakarat Desa Wongaya Gede yang dibuat khusus pada saat Hari Raya Nyepi yang jatuh satu tahun sekali.

Entil adalah makanan tradisional sejenis ketupat yang dibuat dari beras yang dibungkus daun.(kalo orang di desa saya bilang namanya “daun nyelep “atau “daun telengidi “, ga tahu in Indonesianya what?). Digunakannya daun untuk membungkus bertujuan supaya Lanjutkan membaca Entil,Makanan Tradisional Wongaya Gede