Satu Jam dilayani WTS


Ini mungkin menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.
Ceritanya beberapa minggu yang lalu (15/3) teman2 satu genk males2 sering telat masuk kelas dan suka bolos waktu kuliah dulu datang kerumah saya, Mereka ada enam orang datang kira2 jam delapan malam. Berhubung hari tersebut juga bertepatan dengan hari Ultah saya (ato mungkin udah direncanakan kali yah) maka kebiasaan lama terulang kembali. Anak2 nodong saya untuk traktir minuman dan minta dibeliin kartu ceki. Dan sayapun ga bisa menolak permintaan teman2 tersebut.Ya..itung2 untuk merayakan ulang taonlah. Jarang2 soale saya merayakan ultah apalagi yang namanya pake beli kue tart segala, sumpah ga pernah. hehe. 😆

Waktu berjalan udah hampir sampe jam sepuluh malam ketika kita sudah menghabiskan berbotol2 minuman bir. Dan agenda selanjutnya seperti yang dulu2 waktu kuliah adalah bermain ceki (ini mungkin merupakan kebiasaan buruk kita waktu masih kuliah dulu). Saking asiknya bermain ceki tak terasa waktu udah sampai jam empat pagi. Untungnya teman2 saya itu masih pada bujang semua, jadi ga takut dimarahin oleh siapa2 kalo pulangnya pagi. Yaaa paling banter kalo anak mami masih diomelin dikit lah. wajar kaann..!? Akhirnya sebelum mereka pulang ke rumah masing2 kita memutuskan untuk mencari makan terlebih dahulu. Berhubung hari itu masih pagi buta belum melek bau ketek masih susah mencari warung yang jualan nasi, salah satu teman saya punya ide untuk mencari makan di salah satu tempat dikawasan Denpasar yang disitu juga ada WTS nya. Akhirnya jam setengah lima kita meluncur ke lokasi. Ketika kita sedang penuh nafsu menikmati makanan nasi soto karena perut kita udah pada lapar semua kita melihat orang tua teman saya yang kebetulan dia tidak ikut kerumah saya sedang merapikan barang2 belanjaannya. Saya melihat belanjaannya banyak buanget. Ibu teman saya itu sekarang kita sebut ITS saja.

Saya :”banyak banget barang2nya bu”
ITS :”eh Ady,ya nih ibu baru abis ngambil barang mau pulang”
Kita2 :”ga dijemput bu?” (nanyanya barengan*)
ITS :”ga,ini masih nyari tenaga WTS buat bantuin ibu”
Saya :”biar kita bantuin deh bu”
ITS :”ga usah.. ga usah..,ibu udah punya langganan kok”
Kita2:”ooooooo” (kompak semua*)
padahal emang sebenarnya cuma basi-basi aja sih. Ko tega sekali ya? :mrgreen:

Setelah WTS langganannya datang, ITS mulai menyerahkan barang belanjaannya sedikit demi sedikit untuk diangkut menuju jalan raya, (FYI: WTS ini baru kelas lima SD loch, masih ranum. xixixixix). Karena melihat belanjaannya lumayan banyak akhirnya setelah selesai membayar nasi soto kita inisiatif untuk bantuin ITS sekalian berkenalan dengan WTS nya.Hampir tiga kali WTS tersebut bolak-balik dari tempat semula menuju jalan raya untuk mengangkut barang2 belanjaan ITS. Sekali2 saya melihat WTS itu menyeka peluh dilehernya. Melihat seperti itu saya menjadi iba kepada gadis yang seumur dia udah harus menjadi WTS. Saya ambil uang sepuluh ribu dari dompet saya untuk diberikan kepada gadis manis yang seharusnya jam segitu masih tidur dirumah tp dia harus udah bekerja melayani langganannya untuk mendapatkan uang untuk membiayai sekolahnya. “Makasi pak”, dengan lugunya terdengar ucapan terima kasih dari bibirnya yang manis (gulaaa kali). Tak terasa sudah satu jam kita bolak balik ngangkut belanjaan ITS sampai akhirnya belanjaan ITS semua diangkut sampai dijalan raya. Satu jam ITS dilayani oleh WTS yang lugu itu. Dan kitapun berpisah disitu dengan ITS dan WTS yang lugu setelah ITS memberikan bayaran kepada WTS itu. Soory dorry moory saya ga sebutkan berapa nominal yang diberikan oleh ITS untuk menjaga privasi ITS. Wueleh..wueleh. Sayang saya lupa nama WTS tersebut.

Disela-sela perjalanan kita menuju parkiran Pasar Badung untuk mengambil sepeda motor, tak henti-hentinya kita membahas rutinitas yang dilakukan oleh para wanita Tukang Suwun (WTS) itu, khususnya yang masih anak2. Sebelum berangkat ke sekolah mereka harus bangun pagi2 untuk membantu orang tuanya mencari nafkah tambahan. Seharusnya waktu yang mereka miliki untuk belajar dan bermain2 justru harus mereka pakai untuk menguras keringat demi melanjutkan sekolah mereka. Ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi saya sekaligus sebagai kado ulang taon yang terindah dalam hidup saya, kadang saya sering mengeluh kepada diri sendiri tentang kehidupan yang saya jalani, tentang kondisi kerja yang saya alami, dan masih banyak lagi keluhan yang tanpa saya sadari sering menjadi rutinitas harian saya. Ternyata disekitar saya masih banyak saudara2 saya yang harus kerja banting tulang dengan semangat empat lima sudah lewat sepuluh menit meski mereka masih anak2 tp memiliki tekad yang kuat untuk bisa bertahan hidup. Gaya hidup mereka sangat beda jauh dengan anak2 kebanyakan yang bisanya hanya menghambur2kan uang tanpa pernah menyadari gimana susahnya orang tua mereka mendapatkan uang tersebut. Salut deh sama kegigihan anak2 WTS itu.

Note: Wanita Tukang Suwun (bahasane nak Bali) adalah para kuli wanita yang menawarkan jasanya untuk mengangkut barang2 belanjaan orang lain untuk diangkut menuju suatu tempat, dan mereka dibayar menurut keikhlasan peminta jasa.

Pesan moral: Mengeluh dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin 😆

26 tanggapan untuk “Satu Jam dilayani WTS”

  1. ndas keleng jaje kak ne..wakakakaka padahal dah nahan nafas bacanya dari awal, ady sialan 🙂

    “wuakakakak…jangan ditahan-tahan bos..,ntar ada yang keluar di bawah belakang” 😆

    Suka

  2. wkwkwkw… ni mau meningkatkan pengunjung dengan optimasi judul ya Bli? wwkwkwkw…

    “hehehehe.bisa aja bli surya ne.mungkin juga sih…,berarti pengunjung lebih suka baca yang model gitu2an ya bli..??,gimana kalo nanti keyword untuk kata2 gituan diblokir..?? ga seru kan…wuekekekekek” 😆 :mrgreen:

    Suka

  3. udah ngeres nih otak! kirain beneran 😀 kalo bener..bang puk neh, huehuehue…

    “jangan ngeres2 bli,ntar ga ada penyalurannya..hehehe. 😆
    lagian situs gituan kan mau di blokir…,mau dibawa kemana coba.?”

    Suka

  4. WTS macam ini menjadi ciri khasnya Bali lho di, karna the only one in Bali.

    “iya..iya..ya,bisa dong menjadi trade mark nya Bali?,ya..paling ga Denpasar lah.wuekekekek”

    Suka

  5. xixixixixixi sudah diduga bakalan tukang suwun 🙂 secara teman saya ada yang jadi dagang ceper di peken badung. jadi tau deh dengan profesi WTS ini hehehe …

    “Sengaja saya tulis singkatannya aja bli,biar judulnya ga kepanjangaaaaaaaaannnnnnnnn” 😆

    Suka

  6. sudah ditebak dulu
    wkwkwkwkwk
    buaya di kadalain

    “wah bos arya nih senang maen tebak2an ya… 😆
    orang apa kalo dikasi duit malah bingung.?? hayooo..???”

    Suka

  7. hahhhhh,baca judulnya kirain beneran….
    yang kebayang cuma wanita ga beres..
    awas ya kalo sampe itu benar…!!! 👿

    “tenang aja sayang…,masih tetap setia kok.
    kecuali kalo kepepet….hehehehehe. 😆
    kabuurrrrrrr”

    Suka

  8. Whuaahhahahahaha
    Padahal dah tahan nafas.
    Menunggu eksekusi dari Bli Ady.

    “jangan lama2 ditahan bos…kalo emang udah mau keluar ya biarin…wuekekekekkek” 😆

    Suka

  9. wah kirain apa neh… ntar nyerempet2 bisa kena uu ite nih yang baru disahkan… ntar bisa diblok blognya huaaaaaa

    “diblok..??? jangannnnnn…nu sideng demene ne ngeblog..hehehehe. 😆
    emang itu undang2 udah disahkan?? belum kan…!!! ih attuuuttttt…..”
    :mrgreen:

    Suka

  10. Ketipu ama judulna, tak kira ini langganan tetangga banjar selatan sanur…xixixixi…..lam kenal

    “wah..,tetangga baru ini ternyata penunggu karang sanur selatan ya…berarti udah biasa dong… 😆
    salam kenal juga”

    Suka

Tinggalkan komentar